First Experience at University

Gw masuk IPB tanggal 2 Juli 2007. Suatu hal yang ga’ pernah terbayangkan kalau gw kuliah di suatu tempat yang jauh dari Makasar. Tadinya cuma iseng daftar kesini, dan tmen2 gw jg pada ngetawain soalnya namanya Institut Pertanian.. kata mreka “mang kamu mw jadi petani??? hahahaha.. mending daftar ajah ke UNHAS ato UMI, ambil Kedokteran Umum, duit kamu kn banyak.. ngapain jauh-jauh kuliah cm buat pertanian..” gw c nyantai ajah mreka ngomong gt, dan gw tetep ngelanjutin pendaftaran gw.

bingung mu pilih jurusan apa.. Nanya ke kka spupu, disuruhnya ngambil Manajemen tp g boleh yg “pure” manajemen. nanya ke sodaranya bapak, disuruhnya ngambil perikanan… setelah gw perhatiin form pendaftarannya,gw tertarik sama jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata tapi krn ortu gw bilangnya ga usah, makanya gw nyari-nyari lagi.. tiba-tiba pandangan gw tertuju pada satu jurusan yakni Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya. “ummm,, namanya oke jg nh.. ga ‘pure’ manajemen dan kata ‘teknologi’ membuat nama jurusan ni terlihat canggih. Akhirnya gw menetapkan untuk memilih jurusan ini dan alhasil gw keterima dengan nomor induk C14070029..

Saat pengumuman lulus itu datang dan gw trima, gw jadi bingung sendiri.. ga tau mesti ngapain. Sahabat gw yang namanya Marwa nangis, dy bilang gw jahat soalnya dulu kami janjian untuk ngambil jurusan Kedokteran Umum bersama. hhmmm,,, gw pun pulang ke rumah dan ngasi kabar kelulusan gw ini, mama langsung ga setuju,, dy bilang ga usah jauh-jauh deh..(*padahal dulu mama yang dukung buat daftar). Sejak saat itu, gw perhatiin mata mama pasti slalu sembab tiap pagi. Gw pun ngasi pengertian ke mama kalau gw bakal baik-baik ajah slama kuliah, dan mama pun akhirnya setuju.

Tiba saatnya registrasi pertama di kampus, gw dianter ma mama dan kka spupu gw, kami nginap di hotel dekat kampus. Kami pun diajak kliling kampus oleh kka spupu gw sebelum registrasi. “umm, kampusnya pnuh sama pohon, sejuk..” . Akhirnya gw pun masuk ke Grawida tempat gw registrasi, saat itu langsung terlintas di benak gw “waduh,,, kq kliatannya cewe’ smua yah?? pake krudung lagi”. gw masuk dan registrasi sendiri, ga ada tmen yang gw knal.. tiba-tiba seorang gadis yang duduk disamping gw menegur dan mengajak berkenalan. namanya Yeni dari Bandung. Setelah registrasi, kami pun ke Asrama Putri untuk nyari kamar. disana mama udh nungguin dan kami pun mencari kamar gw. ‘329’ gedung A3, itulah kamar gw, letaknya paling blakang.. saat pertama kali masuk gw langsung shock ngeliat kondisi kamar yang kecil, dan harus ditempati oleh 4 orang. disitulah gw knalan dengan tman kamar gw Tantri, Mely dan Embang. mreka baik, ramah dan menyenangkan. waktu itu gw langsung nempatin kamar gw dan mama pun ninggalin gw di asrama buat blanja kperluan gw dkamar.

Kagok bgt rasanya ngobrol dengan logat yang berdeda jauh dengan logat yang biasa gw pake sehari-hari. Sesekali Tantri ketawa ngedenger gw ngomong, katanya c kdengeran aneh.

Malam harinya, kami dikumpulin dilorong untuk saling berkenalan. tiba-tiba mama dan kka spupu gw dateng membawa blanjaan lalu ngerapihin kamar gw. Keesokan harinya mama harus pulang ke Makasar, sedih rasanya tapi gw ga mau mama liat ksedihan gw. Sekuat tenaga gw nahan air mata yang mau kluar. Sepanjang jalan mama terus memegang tangan gw dengan hangat. Gw ga boleh nangis biar mama ga gelisah diperjalanan pulang. Gw pun ngeliat mama pulang dan dengan prasaan yang sangat sedih gw balik ke asrama. dikamar gw nangis dan tmen sekamar gw brusaha buat ngehibur gw.

Published in: on December 7, 2010 at 8:55 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://viracwantik.wordpress.com/2010/12/07/first-experience-at-university/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment